5 Tema Dresscode Aman ke Pesta Pernikahan!

Perayaan pesta pernikahan di Indonesia memiliki banyak aturan-aturan tidak tertulis yang harus dipenuhi. Dan hal ini tidak hanya berlaku untuk sang pengantin, tapi juga para tamu yang datang. Mungkin karena latar belakang budaya yang menjadi pemicunya. Salah satu aturan yang sangat diperhatikan adalah cara berbusana. Tidak boleh terlalu santai, tapi juga tidak boleh berlebihan sampai mengalahkan penampilan sang pengantin. Lalu apa yang yang harus dikenakan saat menghadiri pesta pernikahan? Berikut 5 inspirasi pakaian supaya Anda tidak perlu lagi membuang waktu 2 jam hanya untuk mencari baju yang tepat.

Cari venue buat event kamu? Cek disini!¬†ūüôā

1. Kaftan

Blog_Template-1Di Indonesia, busana yang sudah ada sejak abad 6 SM dan berasal dari Persia ini, kini memiliki beragam desain termasuk mulai dari potongan, aplikasi detail serta pemilihan bahan. Kelebihan kaftan dibandingkan dengan busana pesta lainnya adalah potongannya yang longgar. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk bergerak di antara kerumunan tamu yang banyak.

Style tips:

  • Untuk kaftan dengan aksen¬†kristal Swarovski yang ramai dan penuh pada bagian dada serta pergelangan tangan lebih cocok untuk dikenakan ke acara pesta di malam hari.
  • Sementara untuk¬†kaftan yang tampil lebih sederhana bisa dipakai saat Anda menghadiri acara pesta di siang hari.
  • Hati-hati saat memilih bahan kaftan. Banyak kaftan yang hadir dengan material transparan. Banyak kaftan yang hadir dengan material¬†transparan. Busana yang terlalu transparan dan mengekspos bagian dalam pakaian tentu dinilai kurang sopan¬†jika¬†dikenakan ke¬†acara pesta yang formal.

2. Pakaian dan kain tradisional

Pakaian tradisional, seperti kebaya, baju bodo, kain batik, songket atau bahan tenun ikat menjadi opsi yang paling sering dikenakan saat menghadiri upacara dan pesta pernikahan. Hal ini disebabkan tema perhelatan pernikahan di Indonesia sering kali mengusung tema adat.

Style tips:

  • Untuk pesta yang diadakan di dalam ruangan, Anda bisa tampil maksimal dengan kebaya berbahan¬†velvet¬†atau brokat transparan sekalipun.
  • Untuk ¬†acara yang digelar di luar ruangan, sebaiknya pilih bahan yang menyerap keringat sekaligus bisa¬†mencegah udara malam yang cenderung lebih dingin masuk ke dalam badan Anda.
  • Pilih bahan seperti katun atau satin sutra untuk tampilan yang mewah, tapi tidak berlebihan. Beberapa koleksi pakaian dengan sentuhan tenun ikat dari IKAT Indonesia, Lekat serta Noesa mungkin bisa jadi pilihan. Jika Anda lebih memilih nuansa batik, koleksi Danar Hadi, Aeterna Batik¬†serta¬†Warangka Batik.

3. Dress

Blog_Template-2Maxi atau midi dress adalah pilihan yang tepat untuk acara formal yang diadakan di dalam gedung. Sedangkan mini dress baiknya dipakai saat pesta digelar di siang hari atau di luar ruangan. Ketika mengenakan dress, ada beberapa aturan yang perlu diketahui.

Style tips:

  • Hindari mengenakan¬†dress¬†berwarna putih. Biarkan pengantin wanita menjadi satu satunya yang memakai gaun berwarna putih.
  • Pilih gaun yang tidak berlebihan. Anda tentu tidak mau diingat sebagai pencuri perhatian hanya karena mengenakan gaun pesta yang terlalu heboh atau dress yang terlalu sensual di foto pernikahan, bukan? Koleksi gaun pilihan di sini mungkin bisa menjadi inspirasi Anda saat mencari gaun yang tepat untuk menghadiri pesta pernikahan dalam waktu dekat.

4. Formal Jumpsuit

Blog_Template-4Mengenakan jumpsuit saat pesta? Mengapa tidak? Busana terusan atau yang sering dikenal sebagai jumpsuit, awalnya dibuat sebagai busana pekerja berat, tapi kini telah berevolusi dan tampil dengan banyak pilihan garmen serta detail.

Style tips:

  • Anda bisa memilih¬†jumpsuit¬†dengan detail mewah, seperti¬†cut-out, payet atau ornamen berupa kristal Swarovski untuk membuat tampilan jumpsuit¬†menjadi lebih glamor dan sophisticated.
  • Hindari mengenakan¬†jumpsuit¬†dengan warna terang karena bisa memberikan tampilan yang terlalu kasual. Pilih warna gelap, seperti hitam,¬†navy¬†atau¬†burgundy. Koleksi jumpsuit di sini mungkin bisa jadi pilihan Anda.
  • Jika Anda memilih¬†jumpsuit¬†dengan potongan agak sederhana, kenakan perhiasan¬†bernuansa emas dengan¬†statement pointy heels¬†untuk memberikan kesan glamor.

5. Suit

Blog_Template-5Meski lebih sering dipakai oleh pria, bukan berarti wanita tidak bisa mengenakannya. Suit juga bisa menjadi alternatif untuk menghadiri acara formal selama Anda tahu trik untuk membuat suit terlihat lebih feminin.

Style tips:

  • Pilih suit dengan potongan pas badan yang dipasangkan dengan kemeja¬†di bagian dalam untuk penampilan klasik dan berkelas.
  • Untuk penampilan yang sedikit lebih seksi, Anda bisa melupakan kemeja di bagian dalam dan biarkan area dada Anda sedikit terekspos.

Lain kali saat Anda mendapatkan undangan untuk datang ke pernikahan, tidak perlu bingung lagi dalam memilih baju. Tinggal pilih salah satu dari koleksi di atas dan Anda pasti akan terbebas dari bencana saltum. Jadi, pilih yang mana?

Selamatkan diri Anda dari bencana saltum di pesta pernikahan!

Cari venue buat event kamu? Cek disini!¬†ūüôā¬†

sumber: http://www.bobobobo.com/baca/2016/01/5-pilihan-pakaian-yang-aman-untuk-dipakai-ke-pesta-pernikahan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *